Hoax And Berita Palsu










Hoax adalah Suatu pemberitaan tidak jelas / pemberitahuan palsu yang  sumbernya dan biasanya isinya tidak benar dan tidak dapat dipercaya. Hoax merupakan suatu usaha untuk menipu pembaca untuk mempercayai sesuatu tujuan tertentu dan dengan tujuan tertentu, padahal yang membuat berita palsu tersebut mengetahui bahwa berita tersebut adalah palsu atau bohong. Biasanya digunakan dalam internet seperti di blog, e-mail, tweeter, facebook, IG, Line, WA, TV, dll.

Contoh pemberitaan palsu yang paling umum salah satunya yaitu mengklaim sesuatu kejadian atau barang dengan suatu sebutan yang berbeda dengan kejadian/ barang yang sebenarnya, dan biasanya itu bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat.              
Itulah pengertian dari Hoax.  
Jadi seluruh masyarakat harus berhati-hati dengan sebuah berita tanpa sumber yang jelas dan tanpa kepastian yang jelas, dan jangan mudah percaya oleh berita-berita tersebut yang sering kali banyak tersebar di Handphone melalui facebook, line dan sebagainya dan bahkan banyak tersebar di kalangan masyarakat di dunia nyata, hoax juga dapat bertujuan untuk menghina seseorang oleh karena pihak lain iri atau memiliki suatu masalah dengan pihak lain dan ada juga yang bertujuan untuk menghancurkan repotase seseorang. 
Bila kita menjumpai sebuah status di Tweeter atau aplikasi lain yang berisi hoax hal yang sebaiknya kita lakukan adalah, jangan mudah tertipu,jangan mudah percaya, dan biarkan saja, lihat dulu  sumber dari berita mana dan bahkan bila perlu tanyakan lah pada pengirim berita.Kita harus mulai bisa membedakan mana yang hoax mana yang asli, namun biasanya kita bisa melihat dari judul berita tersebut juga bila sudah merasa tidak penting atau menurutmu itu adalah HOAX maka bisa kamu laporkan pada pihak yang berwajib.
Masyarakat juga pastinya memiliki sebuah kepercayaan, di dalam dirinya, jadi janganlah mudah mempercayai berita palsu yang ada. Jika tidak ada kehati-hatian, nestizen pun dengan mudah temakan oleh tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban yang di fitnah.
Pendapat saya tetaplah berhati-hati dan jangan mudah tertipu oleh HOAX karena HOAX adlah berita palsu yang tidak bisa betanggungjawabkan asalnya dan beritanya, dan harus pintar memilih sumber yang benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulangan HArian 1